SEJARAH DAN PERKEMBANGAN BRIKER

 Di era globalisasi kini jaringan telah mencapai pada desa-desa khususnya di indonesia, meskipun sekarang masih belum menyebar sesuai dengan rencana pita lebar indonesia,setiap tahun akses akan semakin di naikkan,oleh karena itu kita dapat memanfaatkan kecepatan akses ini untuk membuat server VoIP_dengan briker.


A.Pengertian Briker
Briker adalah perangkat lunak yang di gunakan sebagai sentral telepon,briker ini memudahkan komunikasi yang berbasis open source,biaya lebih hemat,selain itu briker ini mendukung voice dan video conference,yang lebih menariknya briker ini dapat menciptakan LCR (least cost routing).fungsi dari LCR ini adalah untuk memilih jalur komunikasi berdasarkan biaya.

Briker ini merupakan distro linux,buatan local,briker ini di buat bertujuan agar masyarakat indonesia dapat membuat server VoIP sendiri agar tercipta komunikasi  dengan biaya hemat.briker ini membutuhkan 1 sistem oprasi sebagai aplikasi IPPBX seperti,tribox,elastix dll.

B.Sejarah briker

 Briker mulai dikembangkan sekitar pertengahan tahun 2008."pengembangannya tidak terlalu lama juga,hitungan bulan, tidak sampai setengah tahun,"distro (distribusi) linux yang satu ini di bangun bersama beberapa rekan anton raharja yang ikut memelihara VoIP rakyat."di sini ada tim dari PT infotech media nusantara."
Briker di kembangkan dengan mengintegrasikan beragam open source sofware."daftar lengkapnya ada di dalam briker itu sendiri,tidak rahasia sama sekali.di sana ada linux,server VoIP,database,web server,dan banyak lagi software pendukung.beragam software itu pun punya lisensi yang beragam.antara lain LGPL,GPL,GPLv3,BSD license.

C.Fungsi briker

 Fungsi-fungsi yang dapat di lakukan antara lain:
♡penyambungan
♡pengendalian
♡pemutusan hubungan telepon,translasi protokol komunikasi,translasi media komunikasi atau transcoding serta pengendalian perangkat-perangkat IP teleponi seperti gateway,access gateway dan trunk gateway.

D.Perlkembangan briker

Server VoIP yang pertama adalah Briker versi 1.2.2. Briker adalah sebuah distro linux Ubuntu yang didesign khusus menjadi sebuah server VoIP.

Server VoIP kedua yang digunakan adalah Asterisk 1.4 yang diinstall pada FreeBSD 8.1

Pada akhir Juni lalu, team dari  https://www.briker.org telah melakukan rilis versi terbaru, yaitu Briker 2.1 dengan code name "Merapi" 

Perbedaan platform pada sistem operasi inilah yang ingin penulis teliti apakah ada pengaruhnya terhadap kinerja dari sitem VoIP
                

Komentar

Postingan populer dari blog ini

INSTALLASI BRIKER 2.1.1 DI VIRTUAL BOX

SETTING IP pada LINUX DEBIAN 11

KONFIGURASI ZOIPER